Rabu, 20 Januari 2010

bikin paspor

hey ini posting pertama blog ini. buat temen2 yg pengin bikin paspor cukup sediain :
1 lembar fotokopi ktp, 1 lembar fotokopi kk/c1, 1 lembar akta kelahiran, 1 lembar surat referensi (ini bisa dari kantor ataupun dosen kampus ataupun gimana laah terserah pinter2nya temen2 bikin surat referensi ini. hehehe... ;p). oya kalo mau lebih lengkap lagi bisa ditambah 1 lembar fotokopi ijazah. semua berkas2 tersebut bisa dilegalisir maupun ndak sama sekali. yang jelas itu ndak ditanyain og. ;p

setelah persyaratan trsebut terpenuhi, kita bisa ambil formulir di kantor imigrasi. di formulirnya sie tertulis "pengambilan formulir pendaftaran ini tidak dikenakan biaya", tapi di imigrasi jogja kena biaya 7000 rupiah. hehehe... yo ndak popo itung2 beramal, rite?! ;)

setelah formulir diisi lengkap kita lampiri berkas2 tersebut di atas, lalu kita serahkan ke petugas administrasinya. dapet tanda terima penyerahan aplikasi. lalu 4 hari berikutnya kita bisa datang untuk membayar biaya pembuatan paspor (detail tarifnya bisa diliat di kantor imigrasi, terpampang dengan jelas di tembok!) hehehe tapi ntar pas kita bayar akan sedikit berbeda tarifnya. misalnya biaya untuk pembuatan paspor 48 halaman dikenakan biaya 240 ribu rupiah, tapi ntar pas kita mo bayar tarifnya berubah jadi 275 ribu rupiah. hehehe... lagi2 yo ra popo to sing penting paspore dadi. ;p

setelah bayar lalu kita wawancara dan berfoto (uhuyyyy!). bisa dengan gaya formal maupun narsis sok ngartis. bisa pake baju batik ataupun kaos oblong warna warni. up urs, mate... ;p

selang 2 hari paspor udah bisa kita ambil di bagian pelayanan pelanggan. pake kwintansi pembayarannya. jadi jangan sampe ilang ya kwintansinya... oya, setelah paspor kita ambil, lalu paspornya kita fotokopi 2 lembar ya. 1 untuk pihak imigrasinya sisanya buat kita sendiri. tarifnya 1000 rupiah untuk 2 lembar fotokopi. hehehe.... ;p asem ik!

oya sekedar catatan, kalo ntar di imigrasi pas wawancara kita sering dioverlap sama applicant laen, jangan tersinggung ataupun marah2...lahwong pake fasttrrack og (baca : calo). jadi mohon dimaklumi ya...

btw on de we bas we..., semua yg tertulis di atas adalah murni pengalaman pribadi. bukan bermaksud memojokkan suatu instansi tertentu. tulisan di atas tidak bermaksud untuk mencerca ataupun memaki instansi tertentu tapi murni berbagi pengalaman sehingga kita semua punya gambaran ketika akan bikin paspor. well, smoga berguna dan ndak ada protes dari temen2 yg bekerja di imigrasi. hehehe..... saya paham, bahwa tidak semua kantor pemerintahan seperti itu tapi ini adalah kejadian yang saya alami. bagaimanapun juga saya tetap mengucapkan terima kasih kepada pihak imigrasi atas bantuannya dalam hal pembuatan paspor saya. matur nuwun... :)